Stay With Me in Jakarta!

 photo idcorner19_zpso9jao3z9.jpg

Ting..!
Smartphone berdenting kecil, sebuah icon surat tampil di sudut kecil atas.
Kubuka, dari alamat email yang tak kukenal.
Susahnya mencarimu. Kutanya semua teman satu persatu taka da yang tahu.
Masih ingat janji masa kecil 20 tahun yang lalu, untuk bertemu di malam dan tempat yang satu itu? 
Luangkan satu harimu.
Jemput aku di Gambir pukul sebelas hari Sabtu. Aku yakin akan mengenalimu saat kita bertemu.
Best regard,
Uknowho

 

Cess,… tak mungkin itu dia. Yang sudah 20 tahun menghilang tanpa berita, dan kini tiba-tiba muncul mengajak bertemu. Kita bukan bocah lagi, yang bermain layang-layang dan main gundu. Bukan lagi dua bocah lugu yang punya mimpi menguasai dunia, dalam khayalan tingkat tinggi tanpa ragu. Tapi ini dia! Yang kadang kupertanyakan dalam ingatan, masihkah ia mengingatku? Dan aku hanya harus menemuinya di Gambir hari sabtu nanti, pukul tujuh. Ah.. apa salahnya bertemu? Dia Cuma minta satu hari. Mungkin ini saatnya menjawab semua pertanyaan yang menggantung tentangnya, yang terlewati puluhan waktu.

Gambir pukul 11.00 WIB

Kereta itu berhenti tepat waktu. Membiarkan para penumpangnya berhamburan seperti laron di musim hujan berburu cahaya lampu. Aku mematung, tapi mataku sibuk mencari. Tak tahu siapa yang dituju hingga sebuah tepukan ringan di bahu mengejutkanku.

“Hai…!” suara baritone terdengar dari belakang punggung. Tak mengenalinya lagi. Tapi aku membalik dan terpana. Badannya yang kurus kering hitam dan rambut merah terbakar matahari itu sudah tak bersisa. Aku harus mendongak, karena tinggi tubuh yang jauh beda. Ia tersenyum, aku tersenyum. Cair sudah semua kekakuan. Seperti dulu, senyum jahilnya masih tersisa.

“Aku akan ikut kemanapun kau membawaku…!”

“Ah,… bagus. Kita keliling Jakarta kalau begitu. Naik bus tingkat gratis ya…. Ayo!”

Continue Reading

10 Film Yang Akan Menginspirasi Hidup (2)

 

Melanjutkan postingan  sebelumnya yang bisa dibaca di sini,…. inilah lima film bagus lainnya yang akan menginspirasi, that we can learn much from them.

6.  The King Speech

Bersumber dari kisah nyata, ketika putera mahkota kerajaan Inggris Pangeran David yang selama ini terkenal sebagai playboy, jatuh cinta pada seorang wanita Amerika yang masih terikat dalam perkawinan dengan marinir Amerika bernama Wallis. Peristiwa ini menggegerkan publik Inggris. Sang raja mengultimatium  memilih tahta atau kekasihnya. Pangeran David memutuskan untuk meninggalkan tahta dibanding meninggalkan Wallis. Dan mereka memilih meninggalkan Inggris dan tinggal di Paris. Otomatis tahta diserahkan pada adik lelakinya (ayah dari Ratu Elizabeth 2 sekarang) yang akan dinobatkan sebagai raja George VI, yaitu Pangeran Albert (Colin Firth). Sang pangeran  dalah seorang  yang introvert, pendiam karena ia gagap ketika bicara, apalagi jika sedang gugup. Tak lucu kan seorang raja Inggris berpidato di depan rakyatnya dengan suara yang terbata-bata dan diulang-ulang? Nanti bisa jadi bahan tertawaan rakyatnya, dan ini menyangkut martabat bangsa. Padahal Pangeran Albert  sudah terbukti lelaki yang lurus hidupnya, bekerja di kerajaan Inggris, suami dan ayah yang baik (membuktikan sebagai sosok yang bertanggungjawab) dan memiliki visi bagi kerajaan Inggris. Maka sebelum naik tahta, Raja George V sebelum meninggal meminta seorang ahli therapis bicara dari Australia  Lionel Louge (Geoffrey Rush) . Sang calon  raja dilatih dengan berbagai metode dibantu oleh sang istri, yang diperankan Helena Bohnam Carter. Dan menghilangkan gagap tak semudah mengobati penyakit fisik. Selain  latihan berbicara terus menerus , akhirnya didatangkan psikolog untuk membantu dari segi kejiwaan dan menggali penyebab gagap sang raja. Sebagai anak raja, semua urusan pengasuhan diserahkan pada nanny kerajaan.  Begitupun Albert, tapi ia diasuh seorang nanny yang galak, yang membuatnya jadi tak berani membuat kesalahan dan menjadi gagap. Film yang sangat bagus, walau posternya sangat sederhana (don’t judge the book by it’s cover). Dan Colin Firth berhasil mentransfer karakter sang raja gagap yang pendiam, kelam dan putus asa, dengan bagus. Tiga aktor watak cemerlang bermain bersama dalam satu film dengan aksen Inggris yang menawan. You will love it! Dari film ini kita juga bisa belajar tentang komitmen, kerja keras, dan betapa pentingnya hadir di saat masa-masa emas pertumbuhan seorang anak. Ayah,Ibu ayo tonton film ini. Ini trailernya.

Continue Reading

10 Film Yang Akan Menginspirasi Hidup (1)

http://http://cdn.playbuzz.com/cdn/e5168485-dfc3-45f6-89ad-47761d121ad6/a3215225-7f2b-4afd-803c-0a3b3276f9a2.jpg

Saya suka baca buku-buku motivasi seperti karya Anthony Robbins, Stephen Covey,Rhonda Byrne, TungDesem, bahkan buku Mario Teguh juga hehe. Hingga akhirnya seorang teman menyarankan, lihat film deh, banyak film bagus yang membuatmu akan belajar tentang hidup dengan cara yang yang asik. (thanks ya sarannya). Jadilah akhirnya aku sering melihat film untuk belajar tentang hidup dan tentu saja, di saat tertentu membuatku jadi lebih semangat menjalani hidup. Kadang aku juga putar film-film yang bagus buat muridku, agar mereka belajar hidup juga, daripada kita ngomel panjang-lebar ga didengerin mending setel film biar mereka mau mikir. Dan kurasa itu lebih efektif daripada ngomel. Di tengah film-film sampah yang mereka konsumsi, setidaknya film yang bermutu akan menjadi penyeimbang. Tentu saja kita harus nonton duluan, kalau ada adegan yang tidak baik kalau bisa dihapus atau dipercepat biar mereka tak lihat. Berabe kan.

Ini beberapa film yang menurutku sih, bisa menginspirasi hidup kita untuk membuatnya lebih bermakna dan lebih asik menjalaninya ciee. Film buatku juga jadi terapi saat terpuruk (tiap orang memiliki masa-masa keterpurukan karena suatu hal, bukan?) sehingga kita lebih kuat dan bersyukur. Nah film-film ini bisa membuat kita memandang dunia dengan cara yang berbeda.

  1. Forest Gump

Film ini memiliki cerita yang menakjubkan. Memberi suntikan motivasi saat kau merasa tak berdaya. Film yang membuat Tom Hank meraih penghargaan Oscar sebagai best actor dan filmnya menjadi best movie. Bercerita tentang seorang anak cacat kaki dengan IQ pas-pasan yang tinggal dengan ibunya yang  single parent. Si anak sering dibully teman-temannya karena cacat kaki dan kebodohannya, tapi dengan semangat dari Jenny (Robyn Writh), gadis kecil korban pelecehan seksual oleh ayahnya sendiri, membuat Forest lebih berani dan bersemangat menjalani hidup. Cinta pertama dan sejatinya pada Jenny membuatnya mampu melewati semua kepahitan hidup. Di film ini juga digambarkan Ibu Forest (Sally Field) begitu tangguh memperjuangkan nasib anaknya agar menjadi orang hebat (bisa jadi inspirasi buat para ibu, terutama yang punya anak berkebutuhan khusus agar lebih bisa menerima kondisi si anak). Dia selalu menanamkan keyakinan pada Gump, “Kau anak yang hebat. Kau tak berbeda dari orang lain.” Kebaikan hati Forest, yang selalu positif thinking membawanya bertemu orang-orang penting termasuk JFK dan membuat hidupnya sukses. Sebagai tentara ia dapat penghargaan, sebagai atlet football ia penentu kemenangan timnya, dapat emas olimpiade sebagai atlet pingpong mengalahkan China, juga pengusaha udang yang kaya raya. Dari film ini juga kita diingatkan akan sejarah penembakan JFK, skandal Watergate Presiden Richard Nixon, Perang Vietnam dll.  Film ini juga memakai teknologi untuk memasukkan sosok Gump di antara para tokoh dan peristiwa bersejarah Amerika. Quote terkenal dari film ini, “Hidup itu seperti coklat (coklat praline, yang didalamnya ada isian bermacam-macam). Kita tak pernah tahu rasa apa yang kita dapatkan.” Karena kita tak pernah tahu isi dari coklat praline yang kita makan, jadi…ya nikmati saja. Toh coklat dengan isi apapun tetap enak dinikmati kan? Buka kotak coklat Forest Gump di sini. Ini film yang sangat indah ceritanya.

Continue Reading

Di Volendam Yang Menawan, Kangen Terpaksa Kupendam

Volendam yang cantik, kangen terpaksa kupendam
Volendam yang cantik, kangen terpaksa kupendam

Belanda memang Negara yang sangat bersih, rapi, teratur, aman dan masyarakatnya ramah-ramah. Satu hal penting lagi, banyak yang bisa berbahasa Inggris, jadi komunikasi dengan penduduk setempat lebih lancar. Sempat kuatir dan galau melakukan perjalanan sendiri ke Eropa tapi Alhamdulillah semua lancar jaya sukses, karena sekali lagi, itinerary dan persiapan matang akan meringankan nervous. Sendiri, perempuan, jauh lagi. Apalagi ada bayangan isu SARA klu orang Eropa lagi alergi Islam dan perempuan berjilbab. Untunglah, uluran tangan Tuhan yang bantu dan melindungi selama perjalanan yang bikin saya makin sadar, that God loves me so much. Jadi,… ga boleh complain, ngeluh wae dalam hidup eneng…!

Continue Reading

SUPAYA VISA SCHENGEN KITA LOLOS

 

Mimpi ke Eropa telah menemukan jalannya. Yeay! Saatnya menyiapkan Visa Schengen yang terkenal angot-angotan itu. Berikut negara-negara Eropa yang bisa mengguakan visa Schengen ; Belgia, Perancis, Jerman, Luksemburg, Belanda, Portugal, Spanyol, Italia, Austria, Yunani, Denmark, Finlandia, Islandia, Norwegia, Swedia, Polandia, Cheko, Slovakia, Slovenia, Lithuania, Estonia, Hungaria, Malta dan Swiss.

Nah apa sih yang harus disiapkan untuk mendapatkan visa Schengen? Ingat ya,…di sini kondisi passport sudah punya. Kalau belum silahkan baca postingan saya sebelumnya di sini. Eng ing Eng..kembali ke laptop. Berikut hal-hal yang harus disiapkan untuk mendapatkan visa Schengen.

1.Negara mana saja yang akan dituju? Jika masuk pertama kali di Belanda misalnya, maka ajukan aplikasi ke Belanda. Tapi ingat, Belanda akan menghitung waktu tinggal di semua negara. Jika memang waktu tinggal terbanyak di Belanda maka aplikasi diterima. Atau jika tiket penerbanganmu Jakarta-Amsterdam pp, masih bisa dimaklumi. Belanda dan Perancis termasuk favorit untuk aplikasi visa Schengen karena lebih banyak prosentase berhasilnya dibanding gagalnya. Bandingkan Italy, yang dikenal membuat banyak orang harus kirim aplikasi dua kali (kecuali jika anda punya undangan resmi/promotor lembaga pemerintah) dan susaaaah buat dapat jadwal aplikasi yang kosong selama peak season(July-September). Jerman pun sangat pelit dan galak memberi visa. Mereka mungkin trauma dengan banyaknya imigran yang harus diurus. Jadi lebih hati-hati. Sabaaar…siasati dengan memasukkan waktu kunjungan ke Jerman di tengah hehe…

Continue Reading

Theragran M, Teman Perjalanan Menjelajah Benua Eropa

photo by Shita Rahutomo
photo by Shita Rahutomo

Dari SD aku sudah bercita-cita menjelajahi benua biru, Eropa. Dongeng HC Andersen yang dibuat dalam bentuk film kartun di televise banyak menggambarkan keindahan Eropa seperti kisah Ariel (ga pakai Tatum) putri duyung yang menjelma jadi manusia dengan menukar suara merdunya agar bisa bertemu pangeran impiannya. Meski berakhir sedih, tapi aku tak bosan melihatnya, dengan latar kota penuh bangunan tua dan kastil-kastil cantiknya.

Continue Reading

BRIDGET JONES’S BABY, CERITA CINDERELLA UNTUK PARA JOMBLO

Nonton premier bridget jones's baby bareng poppy sovia yang cantik
Nonton premier bridget jones’s baby bareng poppy sovia yang cantik

Buat banyak perempuan, cerita film Trilogy Bridget Jones (Renee Zellweger) yang diangkat dari novel ini terasa sebagai kisah yang “guweh banget” buat para perempuan jomblo. Lahir dari keluarga biasa-biasa saja namun punya ayah yang sangat mencintai ibunya (meskipun ibunya pernah selingkuh dan pergi dari rumah dengan pria lain) namun selalu memaafkan kesalahan ibunya. Lelaki yang selalu mengalah untuk istrinya. Jones yang lahir di keluarga harmonis, merasa tertekan dengan ibu yang selalu berharap ia segera menikah dan punya anak, membuat Jones nelangsa.

Continue Reading

Menjaga Kesehatan Mata,…untuk Kualitas Hidup Yang Lebih Baik

photo by shita R
photo by shita R

Departemen Kesehatan RI mengadakan seminar Kesehatan Indera Penglihatan dalam rangka peringatan Hari Penglihatan Sedunia 2016 yang diadakan di Gedung Soejoedi, JL HR Rasuna Said, Jakarta. Selain kegiatan seminar juga diselenggarakan video conferen, Lomba Foto bertema Mata untuk pelajar SMA.

Di seluruh dunia terdapat 285 juta penderita gangguan mata yang terdiri dari kebutaan dan low vision dan 90% penderita gangguan mata di Negara dengan low income.
82% kebutaan terjadi di usia di atas 50 tahun dan sebenarnya 80% gangguan mata termasuk kebutaan yang bisa dicegah.

Di Indonesia, Katarak menempati posisi teratas penyakit gangguan mata di Indonesia, lalu disusul kelainan refraksi yang biasanya ditandai dengan pemakaian kacamata minus atau plus, penyakit mata terbesar ke tiga adalah glukoma dan keempat diabetic retinopati, gangguan mata yang disebabkan oleh penyakit diabetes.

Mata dianggap sehat jika bisa melihat dan mampu membaca dengan jelas pada jarak 6 meter yang dikenal dengan skala 6/6 (versi Indonesia).
Walaupun sebagian besar penderita gangguan mata berasal dari Negara low income, tai Indonesia menduduki posisi ke dua terbesar penderita kebutaan dan gangguan penglihatan setelah Ethiopia. Dan Indonesia satu-satunya Negara Asia yang termasuk tinggi penderita kebutaan dan gangguan mata bersama Negara-negara Afrika.

Penyebab utama kebutaan :
1. Katarak kerusakan refraktif (60%)
2. Trakoma, kekurangan vitamin A, onchocerciasi (penyakit yang disebabkan cacing hiii…) 15%
3. Diabetis, retinopathy, glukoma akibat gangguan syarat mata yang biasanya dialami yang sudah berusia lanjut , 15%
4. AMD, dalam mata terdapat bintil kuning yang menjadi focus penglihatan mata. Pada usia 50 tahun ka atas cenderung mengalami gangguan. Rokok juga menjadi penyebab AMD, 10%

Katarak dan refraktif errors bisa dirawat, trakoma , kekurangan vitamin A dan Onchocerciasis bisa dicegah sejak dini. Sementara gangguan penglihatan pada penderita diabetes, glukoma dan retinopathy lebih sulit dicegah sedangkan AMD butuh lebih banyak riset untuk menanggulangi penyakit ini.

Continue Reading

Bermasalah Dengan Anak? Ajak Nonton Film Me Vs Mami

me-1-fix

Cerita film tentang ketimpangan hubungan antara orang tua dan anak sudah banyak yang diangkat ke layar lebar dalam berbagai versi seperti Room, film nominasi Oscar yang menceritakan perjuangan seorang ibu untuk bisa membawa anaknya ke kehidupan yang bebas tanpa kekangan. Saya suka cerita film Korea, Miracle number 7, tentang perjuangan para narapidana dan sipir penjara untuk membebaskan seorang ayah yang tak bersalah agar bisa kabur bersama anaknya sebelum hukuman mati dijatuhkan. Ada juga film Jamie Lee Curtis Freaky Friday yang membuat ia dan anaknya bertukar tubuh hingga keduanya memahami karakter masing-masing.

Nah…. Me Vs Mami diangkat dari banyaknya kasus pertentangan antara orang tua dan anak gadisnya. Mami (Cut Mini Theo) adalah seorang Chef kenamaan yang punya acara televise. Tentu saja ia sangat sibuk mempersiapkan penanyangan acaranya setiap hari. Hal itu membuat putrinya, Mira (Irish Bella) merasa tak pernah diprioritaskan ibunya. Belum lagi sifat mami yang perfeksionis, jutek, tak bisa diam, selalu kuatir dan selalu menganggap Mira masih kecil.

Sebagai anak dari orang tua tunggal, Mira sering merasa kesepian karena sering ditinggalkan Mami namun disaat yang lain, juga merasa sangat jengah dengan kehadiran Mami yang kalau berada di dekatnya selalu menginterogasinya tentang banyak hal. Singkat kata, keduanya sering berantem, musuhan, dan saling menuduh tak pengertian.
Hingga suatu masa, ada telpon dari nenek mantan suaminya, Adam yang ingin bertemu dengan cucunya Mira sebelum meninggal dunia. Sebagai ibu protektif maka Mira takkan bisa membiarkan anaknya pergi sendiri ke kampong halaman mantan suaminya. Akhirnya ia ijin ke produsernya untuk mengantarkan Mira bertemu nenek dari ayahnya.

Singkat cerita, mereka sudah sampai di Padang dan menggunakan mobil rental menuju Payakumbuh tempat sang nenek tinggal. Dasarnya seorang chef, ketika berhenti di sebuah rumah makan, Mami lari ke dapur menginterogasi pemilik dapur tentang kebersihan dan segala hal tentang makanan. Maka terjadilah keributan antara pemilik warung dan Mami. Banyak dialog-dialog lucu diselipkan di sini.
Ternyata sopir rentalnya minta pulang, karena istrinya melahirkan. Jadilah Mami dengan terpaksa mengendarai sendiri mobil sewaan itu ke Payakumbuh bersama Mira. Kebayang doong betapa ributnya mereka berdua selama perjalanan. Ribut tentang apa saja. Tapi karena melakukan perjalanan berdua itulah yang pada akhirnya membuat keduanya akhirnya saling belajar memahami satu sama lain dan Mira menemukan fakta tentang kondisi pernikahan ayah ibunya selama ini.
Rangkaian perjalanan dari Padang menuju Payakumbuh selalu diwarnai insiden-insiden yang mengocok perut. Dari pertemuan Mira dengan cowo ganteng Rio (Dimas Aditya) , kecelakaan, dirampok dan banyaak lagi insiden menggelikan lainnya.

Alur cerita film ini maju, dengan seting kota-kota di wilayah Sumatera Barat seperti Padang, Bukit Tinggi dan Payakumbuh. Terlihat juga Kelok 9 dan Ngarai Sihanouk. Ody Harahap, sang sutradara berhasil menerjemahkan cerita karya Vera Varidia ini dengan baik dan mengalir lancar. Jalan cerita juga menarik. Para penonton sering tertawa terbahak-bahak saat menyaksikan adegan-adegan yang mengocok perut di saat yang lain, terlihat para penonton wanita terharu dan meneteskan air mata. Ini bukan hanya film komedi tapi sarat pesan moral di dalamnya. Jadi jika anda punya hubungan yang kacau dengan anak remaja anda, ajaklah ia menonton film ini, niscaya pulang dari bioskop hubungan orang tua dan anak akan kembali membaik.
Sebagai pemain senior, Cut Mini tidak memiliki kesulitan berarti memainkan mami. Ia sangat pandai berimprovisasi menjadi Mami yang jutek dan menyebalkan. Irish Bella dan Dimas berusaha mengimbangi acting Cut Mini dengan bermain natural. Pak Nurdin, pendatang baru sebagai cameo berhasil mewarnai film dengan acting lugunya yang alamiah dan menghibur. Pokoknya ga ada ruginya nonton film ini yang akan tayang perdana tanggal 20 Oktober secara serentak di seluruh bioskop di Indonesia.

Bagi penggemar traveling, pasti jadi penasaran dan ingin menjelajahi keindahan Sumatra Barat. Dari film ini kita juga jadi tahu beberapa tradisi unik yang berlaku di Padang seperti cara transaksi pembelian kerbau yang menggelikan. Dan istilah …’membeli kerbau itu seperti memilih pasangan. Kita berdua harus klik. Dipilih dengan teliti. Kok ada kerbau segala?

Iya… makanya tonton filmnya!

Continue Reading

The Gift of Music, Kado Cinta Batavia Madrigal Singers di Perayaan 20 tahun Anniversary

batavia-madrigal-singers-2

Tak terasa ternyata sudah 20 tahun Batavia Madrigal Singers berdiri dan semakin eksis saat ini. Avip Priyatna sebagai founder konsisten memperjuangkan mimpinya menjadikan Batavia Madrigal Singers menjadi choir kelas dunia. Dengan kerja keras dan berpegang teguh pada komitmen. Avip juga telah membawa BMS memenangkan 4 penghargaan dan menjadikannya konduktor Terbaik dalam kompetisi paduan suara International di Spanyol tahun 2011, dan sampai sekarang merupakan capaian terbaik yang pernah dicapai sebuah paduan suara di kompetisi yang diselenggarakan sejak 1955 itu. Pada tahun 2012 di Bulgaria Avip membawa BMS menjadi juara umum dalam kompetisi seri Grand Prix for Choral Singing dan menahbiskannya sebagai best conductor juga . BMS juga berhasil menjadi paduan suara terbaik (best choir) seri European Grand Prix 2013. Pertama kalinya bagi paduan suara dari Indonesia.

Batavia Madrigal Singers dicikalbakali oleh kelompok paduan suara mahasiswa Universitas Parahyangan Bandung. Saat itu, paduan suara professional tak pernah terbayangkan bakalan ada di Indonesia. Tapi Avip Priatna dan rekan-rekannya tanpa kenal menyerah, bekerja keras membangun BMS menjadi terkenal karena kualitas penampilannya.
Orang-orang yang bertekad menghidupkan seni dalam kehidupannya memang sering tak bisa menjadikan lahan seni sebagai pegangan hidup di Indonesia ini. Tapi Avip mampu membuktikan eksistensinya di bidang seni hingga saat ini. Jadi, hanya orang-orang yang punya jiwa dan cinta seni yang kuatlah yang akan merelakan hidupnya memperoleh konsekuensi dari pilihan hidup yang dijalaninya. Dan Avip serta BMS mampu melakukannya. Dengan kecerdasannya di bidang seni dan manajemen, ia mampu mengawinkan idealism dan realitas. Kini Avip Priatna adalah pendiri Jakarta Concert Orchestra, Batavia Madrigal Singers, The Resonanz Children Choir dan The Resonanz Music Studio.
Dan tak terasa, sudah 20 tahun Batavia Madrigal Singers berkarya dan menghasilkan prestasi cemerlang. Pada Minggu, 9 Oktober 2016 Batavia Madrigal Singers memberikan ‘hadiah’ bagi penggemarnya. Bertempat di Aula Simfonia Jakarta yang megah dan mewah dalam konser bertajuk “The Gift Of Music” yang dimotori Avip Priatna, dan didukung oleh Adelaide Simbolon (pianis), Iswargia R. Sudarno (pianis) dan JCO Chambers Players mereka memainkan karya-karya klasik dan kontemporer dengan menawan.

Continue Reading

Begini Caranya Mendapatkan Visa Schengen

amsterdam, melancong sendiri
amsterdam, melancong sendiri

Anda ingin mengadakan perjalanan ke Eropa? Menikmati sunset di depan menara Eiffel? Atau mengelilingi Trocadero sambil bergenggaman tangan dengan orang yang anda sayangi? Atau ingin melihat kincir angina di Volendam sambil menikmati indahnya wilayah pedesaan di Volendam yang dinobatkan UNESCO sebagai salah satu world”s heritage?
Atau menikmati berbagai koleksi Rijks Museum, yang takkan habis anda kelilingi dalam sehai saking besarnya musem dan banyaknya koleksi yang dimiliki. Atau ingin menikmati indahnya alam pedesaan Italia seperti yang digambarkan novel “Sunset in Tuscany” yang legendaris itu?
Semua bisa… tergantung besarnya dana yang anda miliki. Dan tentu saja persiapan perjalanan yang matang. Menentukan itinerary secara rinci dan berurutan akan sangat membantu kelancaran perjalanan anda.
Lupakan biro perjalanan jika anda punya jiwa petualang. Dengan memakai biro perjalanan, anda harus membayar lebih mahal dan percayalah perjalanan yang anda buat sendiri akan lebih memuaskan. Pergi sendiri hayu…k! Pergi berdua,… dengan pasangan? Atau sekeluarga seru-seruan bersama anak-anak? Jelas ini impian semua orang meski tak semua orang beruntung bisa melaksanakannnya.
Apa saja sih yang harus dipersiapakan sebelum mengajukan visa ke Uni Eropa?
Sudah menjadi rahasia umum bahwa Indonesia bukanlah Negara yang dipermudah dalam mendapatkan visa Schengen seperti Negara tetangga kita Malaysia atau Singapura. Karena banyaknya kasus terorisme, Negara Indonesia termasuk yang “diperhatikan” dalam mendapatkan visa Schengen ini.
Empat senjata andalan yang bisa anda persiapkan jauh-jauh hari sebelum mengurus visa adalah …
1. Pasport
Buatlah paspor jauh-jauh hari atau jika anda telah punya paspor maka perhatikan masa validnya. Minimal 6 bulan sebelum paspor berakhir masih bisa digunakan untuk mengajukan visa Schengen. Pengalaman banyak orang, jika visa anda sudah pernah dicap di banyak negara, apalagi Amerika Serikat (yang terkenal labil dalam memberikan visa) biasanya akan menjadi pertimbangan bagi negara yang anda ajukan visa Schengen untuk mengabulkan keinginan anda mengunjungi negara mereka. Pastikan nama di paspor sama dengan nama di KTP dan akta lahir anda. Jika tidak bisa bermasalah. Jadi lebih baik anda kalibrasi dulu nama anda sesaui dengan ketiga dokumen identitas yang saya sebutkan. Begitupun dengan alamat paspor anda harus sama dengan nama di KTP dan Kartu Keluarga. Jika tidak sama? Ya…anda harus perbaiki dulu. Ingat ini perjalanan ke Eropa. Bukan ke Papua yang masih wilayah Indonesia (stop berpikir yang bukan-bukan, saya tidak bermaksud mendeskreditkan daerah manapun. Cuma sebuah perumpamaan). Jangan sampai terlibat masalah dokumen di Negara Uni Eropa yang terkenal strict ini.

Anda belum punya paspor?
Segeralah buat paspor. Caranya? Jika anda tinggal di Jakarta ada 5 kantor imigrasi yang siap membuat paspor atau memperpanjang paspor anda. Jika anda tinggal di wilayah Jakarta Selatan, Kantor Imigrasi ada di Warung Buncit Jakarta Selatan. Dan ini imigrasi kelasI, jadi lebih tinggi nilai akurasinya daripada yang di daerah. Kata petugasnya sih…

Apakah kantor imigrasi yang dimaksud harus sesuai alamat KTP yang mengajukan passport?
Jangan kuatir,..semua kantor imigrasi bisa memproses pengajuan passport anda dari daerah manapun. Yang penting syaratnya lengkap. Syarat pengajuan passport ada di sini.
Anda bisa datang langsung ke kantor imigrasi atau mengajukan via online. Tapi dari pengalaman saya sih, via online kadang bermasalah, harus mengulang-ngulang berkali-kali baru tembus, jadi saya memilih pakai cara manual.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat paspor?
Butuh dua hari kerja untuk memproses passport anda. Hari pertama anda mendaftar dulu. Disediakan formulir yang harus anda isi dan membeli amplop serta materei di kantor imigrasi. Pengaju online akan dibedakan antriannya dengan yang manual. Tentu saja yang online lebih cepat. Perlu diingat, datanglah pagi-pagi! Jam 5.30 pastikan sudah sampai dan anda mengambil tiket antrian. Karena kantor imigrasi membatasi jumlah pengaju paspor setiap harinya. Anda kesiangan dipastikan tak dapat antrian. Kadang bukan hanya satu orang mengambil satu nomer antrian melainkan beberapa nomer sekaligus, bisa jadi ia dari agen perjalanan atau orang yang memang profesinya membantu membuatkan passport. Begitu anda antri untuk menyerahkan dokumen, petugas akan memeriksanya dan memberi info apa yang harus diperbaiki atau ditambahkan. Juga memberikan nomer rekening bank BNI untuk membayar biaya paspor. Bank BNI yang dimaksud tak jauh dari kantor imigrasi, hanya berseberangan jalan, satu lokasi dengan toko bakery Seven Grain. Langsung ke lantai 2 dan form pembayaran telah tersedia. Setelah itu anda bisa pulang dan besok datang lagi setelah dokumen sudah dimaksukkan dalam bank data dan anda tinggal menunggu foto passport dibuat. Oh ya, kalau anda termasuk orang yang stylish, dandanlah terlebih dahulu dan bagus juga kalau pakai alas bedak yang bagus untuk mendapattkan foto paspor yang terkesan terang dan cantik hehe… dan anda boleh minta foto diulang lalu pilih yang terbaik dari pose anda. Ingat…tanpa senyum.
Nanti anda akan diberitahu kapan paspor bisa diambil dan anda harus membawa bukti pembayaran saat pengambilan paspor.

2. Rekening Tabungan Yang Menyakinkan
Buat pengajuan paspor Schengen, kondisi keuangan anda harus terlihat menyakinkan. Untuk perjalanan seminggu atau dua minggu, Rp 30 juta sudah cukup menyakinkan. Jika hingga sebulan anda harus siapkan minimal Rp 50 juta yang harus standbye dalam rekening. Dan jumlah uang tersebut tak boleh tiba-tiba ada. Harus menjadi saldo mengendap selama tiga bulan, karena salah satu syarat pengajuan visa Schengen adalah rekening Koran tabungan anda selama 3 bulan terakhir. Pastikan anda beberapa kali melakukan transaksi dalam tiga bulan itu agar tampak lebih menyakinkan menjadi rekening tabungan yang anda pakai setiap hari. Mereka akan mengasumsikan anda menghabiskan Rp 1 juta perhari selama di Uni Eropa. Karena Uni Eropa memang biaya hidupnya mahal. Kita bisa menekan dengan membawa bahan makanan dari Indonesia seperti mie gelasdan cereal tapi tetap dalam keseharian anda minimal akan menghabiskan Rp 500 ribu perhari itu diasumsikan menginap di hostel kisaran rp 300 ribuan, kalau di motel atau hotel biaya yang anda keluarkan akan lebih besar lagi. Oh ya… andalan makanan saya adalah kebab. Terjangkau, pilih yang mencantumkan sertifikat halal untuk rasa aman (buat yang muslim) dan rasanya enak.

Kalau ada lembaga resmi yang menyeponsori keberangkatan anda, yang memberikan jaminan menanggung seluruh biaya hidup selama anda tinggal di Uni Eropa dan menyediakan tiket pesawat pulang pergi maka masalah rekening menjadi bukan masalah besar. Tetapi jika yang menanggung biaya hidup anda selama di Uni Eropa perorangan, entah sebagai pasangan hidup anda atau mungkin kerabat yang tinggal di Uni Eropa maka biasanya prosesnya lebih ribet karena Kedutaan Besar tempat anda mengajukan visa akan mengajukan beberapa syarat seperti meminta rekening koran pihak yang bersangkutan, keterangan domisili, pekerjaan, hubungan dengan anda sebagai pengaju visa. Jika keluarga, biasanya akan dimintakan keterangan seperti kartu keluarga. Tapi jikapun ada pengundang pribadi, masalah rekening pribadi anda akan tetap menjadi bahan acuan untuk lolosnya visa. Karena saat ini issue imigran mnjadi masalah serius bagi Negara-negara Eropa, jadi pengajuan visa menjadi hal yang serius.

Saat ini, sebagian besar Negara Uni Eropa sudah tidak menerima pengajuan aplikasi visa di kedutaan besar mereka, tapi dialihkan ke beberapa lembaga perwakilan seperti VFS yang bertempat di Kuningan City, Jakarta. Untuk lebih lengkapnya lihat di sini.

Durasi dari pengajuan sampai pemberitahuan visa anda diterima biasanya makan waktu 2-3 minggu karena diproses di Kuala Lumpur. Ga tahu juga alasannya apa. Apa Indonesia kurang menyakinkan kejujurannya? Entahlah….

Jika semua dokumen yang anda berikan menyakinkan, sekitar dua minggu tapi jika dokumen anda kurang lengkap anda harus menunggu sekitar 3 minggu. Untuk lebih lengkapnya tentang proses pengajuan visa Schengen silahkan baca link ini.

3. Kartu Kredit
Kartu kredit memegang peranan penting untuk kenyamanan dan kelancaran perjalanan anda selama di Eropa. Untuk membeli tiket pesawat, booking hotel melalui booking.com , hostelworld.com , airbnb dan lain-lain biasanya mereka akan minta kartu kredit anda sebagai jaminan. Seperti Booking.com walaupun sistemnya baru bayar saat anda benar-benar datang tapi mereka meminta jaminan anda punya kartu kredit yang masih berlaku. Maka punyailah kartu kredit, tapi pergunakanlah dengan bijak. Gunakan bertransaksi untuk situs-situs yang menurut anda terpercaya. Kalau bisa milikilah dua kartu kredit. Satu dengan limit minimal sekitar Rp5 jutaan dan anda bisa punya satu lagi untuk pagu kredit yang lebih besar. Untuk tranaksi via internet lebih baik gunakan kartu kredit yang pagu kreditnya kecil, untuk menghindari penyalahgunaan kartu kredit anda. Pagu kredit lebih besar untuk transasksi langsung. Ketika membeli tiket pesawat, kereta lebih praktis memakai kartu kredit. Di Belanda bahkan beli buah, makanan dan kopi pun kebanyakan bayarnya harus pake kartu kredit. Tiket kereta subway di loket otomatis Perancis wajib pakai kartu kredit. Kartu debit tak lazim di Eropa. Bahkan saat akan transfer ke tanah air untuk suatu keperluan, ATM Cuma mau mengeluarkan uang cash, taka da fasilitas transfer. Alamaak…

4. Smartphone
Ini senjata andalan anda selama jalan-jalan di Uni Eropa. Keemanapun anda pergi, Google Map akan memberi petunjuk melalui 3 opsi pilihan, mengendarai mobil, public transport yang dilambangkan kereta, atau jlan kaki. Dia akan memandu anda harus naik trem atau subway nomer berapa, berapa perhentian dan harus jalan kaki berapa lama. Sangat membantu. Tapi kartu sim card perdana buat saya sih cukup mahal. Kalau hanya untuk satu atau dua hari tinggal seperti Belanda, memiliki banyak sekali hot spot gratis sehingga anda tak perlu bayar.

Dan asiknya colokan charger di Belanda lubang dua, persis di Indonesia jadi tak perlu repot pake traveler charger yang berbagai macam lubangnya itu. Kalau Perancis, Swiss dan Itali memakai lubang tiga sejajar, masih bisa masuk sih charger Indonesia, kecuali yang ukuran khusus ya. Baru butuh traveler adapter.

Smartphone akan sangat membantu sebagai penunjuk arah, memandu lokasi wisata mana yang baiknya anda kunjungi, perkiraan waktu menuju lokasi, informasi harga tiket, membeli tiket seperti di Rijks Museum, jika anda membeli tiket via internet akan lebih praktis dan tak perlu antri panjang yang melelahkan. Navigasi Google juga akan membantu anda agar tidak tersesat di jalan. Dengan fasilitas Google Earth anda bisa melihat dulu di smartphone, penampakan sekitar obyeknya seperti apa sih tempat yang akan anda tuju.

Smartphone dengan google translatenya juga akan sangat membantu saat anda ingin berkomunikasi dengan penduduk yang tak bisa berbahasa Inggris untuk menyapa atau bertanya. Di Belanda hampir semua orang bisa berbahasa Inggris dengan baik, dan mereka sangat membantu saat kita menanyakan suatu arah. Tapi di Perancis dan Italia jarang yang bisa bahasa Inggris. Bahkan semua acara televise di Italia wajib diterjemahkan dalam bahasa Italia. Jadi semua tayangan film dari Asia, Amerika dan berbagai belahan dunia manapun, semua pemainnya tiba-tiba fasih berbahasa Italia hehehe..

Sampai jumpa di info selanjutnya tentang apa saja dokumen yang harus disiapkan untuk mengajukan visa Schengen . Ciao……!

Continue Reading