SUPAYA VISA SCHENGEN KITA LOLOS

 

Mimpi ke Eropa telah menemukan jalannya. Yeay! Saatnya menyiapkan Visa Schengen yang terkenal angot-angotan itu. Berikut negara-negara Eropa yang bisa mengguakan visa Schengen ; Belgia, Perancis, Jerman, Luksemburg, Belanda, Portugal, Spanyol, Italia, Austria, Yunani, Denmark, Finlandia, Islandia, Norwegia, Swedia, Polandia, Cheko, Slovakia, Slovenia, Lithuania, Estonia, Hungaria, Malta dan Swiss.

Nah apa sih yang harus disiapkan untuk mendapatkan visa Schengen? Ingat ya,…di sini kondisi passport sudah punya. Kalau belum silahkan baca postingan saya sebelumnya di sini. Eng ing Eng..kembali ke laptop. Berikut hal-hal yang harus disiapkan untuk mendapatkan visa Schengen.

1.Negara mana saja yang akan dituju? Jika masuk pertama kali di Belanda misalnya, maka ajukan aplikasi ke Belanda. Tapi ingat, Belanda akan menghitung waktu tinggal di semua negara. Jika memang waktu tinggal terbanyak di Belanda maka aplikasi diterima. Atau jika tiket penerbanganmu Jakarta-Amsterdam pp, masih bisa dimaklumi. Belanda dan Perancis termasuk favorit untuk aplikasi visa Schengen karena lebih banyak prosentase berhasilnya dibanding gagalnya. Bandingkan Italy, yang dikenal membuat banyak orang harus kirim aplikasi dua kali (kecuali jika anda punya undangan resmi/promotor lembaga pemerintah) dan susaaaah buat dapat jadwal aplikasi yang kosong selama peak season(July-September). Jerman pun sangat pelit dan galak memberi visa. Mereka mungkin trauma dengan banyaknya imigran yang harus diurus. Jadi lebih hati-hati. Sabaaar…siasati dengan memasukkan waktu kunjungan ke Jerman di tengah hehe…

captured by Shita R
captured by Shita R

2.Mendaftarlah di Vfs secara online di sini untuk memperoleh jadwal kapan anda harus datang dan jam berapa. Visa diajukan maksimal 3 bulan sebelum keberangkatan. Tapi waktu paling pas, supaya anda tak deg-degan dan efisien buat booking segala macem, 1,5 bulan. Kenpa 1,5 bulan? Karena visa diproses di Kuala Lumpur selama 2 minggu baru deh dapat woro-woro by telpon/smas dan email kapan tanggal pengambilan visa. Kalau nanti mau ambil sendiri datang di hari kerja pukul 10.00-15.00 WIB.(istirahat pukul 12.00-14.00 kantor Vps tutup). Atau kita bisa minta fasilitas antar sampai alamat kita. Bayar lagi atau enggak ya? Lupa saya.

3.Kantor Vfs untuk Belanda, negara-negara Schengen, New Zealand dan juga Australia berada di Kuningan City Mal, JL Sahardjo, Kuningan Jakarta lantai 2 dan 3. Tanya pada petugas, negara mana yang akan anda ajukan visa mereka akan tunjukkan termasuk lt 2/3. Buatlah planning yang matang dulu, tuangkan dalam itinerary kemana dan apa saja yang akan dilakukan selama di Eropa. Kenapa ini penting? Karena petugas akan minta bukti booking pesawat pp, hotel, tiket transportasi lainnya seperti kereta atau bus yang dipakai dalam bentuk print. Semakin lengkap semakin menyakinkan. Ingat… mereka akan menanyakan dimana menginap setiap harinya, sodorkan saja bukti booking hotel yang telah tercetak. Semakin sedikit pertanyaan yang diajukan semakin bagus. Gunakan booking.com yang tak mensyaratkan depe tapi kita diminta no kartu kredit yang berlaku. Atau Airbnb yang bayar ditempat ketika sampai dan mereka mau kasih tanda booking untuk kita cetak. Atau hostel.com yang minta bayar depe lalu ketika sampai baru bayar full. Tapi hati-hati pilih hostel, saya kecewa pake Van G**h Hostel, saya sudah konfirmasi merubah tanggal menginap eh,..tanggal semula masih diklaim pembayarannya via kartu kredit, gondok-lah jadinya apalagi kartu kredit sudah saya telpon kasih penjelasan kalau kitanya saja masih di Jakarta, kenapa sudah dicharge? Eh tetap saja kena charge, pengen nutup CC dari bank ini deh.

Penerbangan Qatar dan Turkish Airlines bisa dicetak dummy ticketnya tapi hanya berlaku dua hari. Jadi…jika besok jadwal ke Vfs kirim aplikasi, hari ini baru pesan online via website penerbangan tersebut dan cetak booking tiketnya tanpa bayar dulu. Tapi kalau sudah yakin bakalan dapat visa ya mending langsung beli tiket di website maskapai ybs, karena lebih awal lebih murah harganya atau beli via travel yang mau merubah tanggal keberangkatan jika diperlukan.

4.Kalau susah cari tempat foto visa (sumpah saya keliling-keliling Kuningan ga nemu, akhirnya dapat di toko segala cetak di Warung Buncit, belakangan baru lihat di Pasar Festival lantai bawah dekat musholla juga ada, bayar 50 ribu.) Kalau tak mau ribet, foto di Vfs saja, tunggu 5 menit jadi, bayar 50 ribu. Pasti bener pengambilan fotonya, meski hasilnya gelap ga kelihatan cantik. #eh..

5.Jika kedatangan disponsori lembaga resmi seperti universitas atau lembaga pemerintahan, everything will be going smooth. Tapi jika oleh warga uni eropa, urusannya lebih ribet. Mereka harus mengirimkan informasi detail, bukan hanya alamat tinggal menetap dan status pekerjaan tapi juga catatan keuangan sponsor yang sudah dilegalisir akuntan, bukti 3 bulan gaji/pendapatan. Harus juga menyertakan bukti legal hubungan dengan si sponsor. Kalau suami / istri ya harus menyertakan surat nikah, jika ada hubungan keluarga harus menyertakan kartu keluarga dan kuatkan dengan bukti foto-foto, email, surat dll. Jika tak meyakinkan,..tetot!..ditolak. Jadi lebih baik anda ajukan visa turis dengan keterangan dibiaya sendiri.

6.Masukan dalam satu file :

#Formulir identitas diri yang anda cetak dari website VfS lengkapi satu foto paspor,sudah diisi lengkap dan ditandatangani. Tulis tangan juga boleh, tak perlu diketik

#paspor+fc Parpor yang masih berlaku minimal 3 bulan dihitung dari tanggal terakhir tinggal di erop, tanggal dikeluarkannya paspor tak kurang dari 10 tahun yang lalu serta masih menyisakan minimal dua lembar kosong halaman paspor.

#foto ukuran 3.5 x 4.5 cm, dengan luas wajah 16-20 mm. terlihat semua wajah termasuk pipi dan telinga, buat yang berjilbab rambutnya saja yang ditutup, background putih, menghadap lurus ke kamera, tak perlu senyum apalagi pose duck face, dan tak boleh diedit lebih putih, lebih bersih, lebih cakep. Harus natural.

#bukti asuransi perjalanan atas nama kita sendiri, dengan minimal biaya yang dicover 30.000 euro, yang harus memasukkan biaya perawatan rumah sakit, keadaan darurat,atau biaya mengurus kematian (amit0amit jangan sampai) dan biaya repatriasi. Bisa pakai Axa Mandiri, Zurich, AIA. Jika belum punya di depan loket Vfs juga ada, tinggal bayar di sana. Asuransi akan dihitung sebesar jumlah premi harian dikalikan jumlah hari anda tinggal di Eropa dari hari keberangkatan hingga sampai Indonesia kembali.

#booking tiket pesawat pp,

#booking hotel atau hostel,

#itinerary dari berangkat sampai pulang,

#surat sponsor yang diperlukan jika anda disponsori,

#rekening koran 3 bulan, surat referensi keuangan dari bank yang menyatakan tak punya masalah keuangan, butuh 1-2 hari buat bank membuatnya.

#dokumen kontrak kerja atau surat keterangan kerja yang ditandatangani oleh manager HRD, SIUP Perusahaan tempat kita bekerja, beberapa negara mensyaratkan surat cuti dan jaminan setelah pulang bekerja kembali atau jika anda pengusaha dan bekerja sendiri, sertakan SIUP dan fc. SIUP anda (surat ijin usaha).

#jika anak di bawah umur 18 tahun yang traveling, harus dibawakan akte kelahiran asli dan foto copy, jika orang tuanya tidak mendampingi atau hanya 1 orang saja yang mendampingi selama traveling dibutuhkan surat ijin yang dilegalisasi oleh notaris, paspor asli dan foto copy milik orang tua. Sertakan surat keterangan sekolah/kuliah si anak sebagai bukti anak akan kembali ke Indonesia. Jika orang tua bercerai, maka harus ada bukti surat perwalian anak dan surat pernyataan jika terjadi sesuatu pada anak, orang tua tersebutlah yang bertanggungjawab penyelesaiannya.

#Bawa dokumen aslinya (KTP, Kartu Keluarga,akte kelahiran buat jaga-jaga) untuk diperlihatkan pada petugas kecuali tabungan tak perlu dibawa sebagai cek dokumen sama. Dokumen yang menurut anda penting foto copy dulu, karena berkas takkan dikembalikan.

7.Ingat di vacation peak bisa kesulitan memperoleh jadwal kosong memasukkan aplikasi, terutama negara dengan tingkat turis tinggi, jadi siapkan dokumen jauh-jauh hari atau daftar dulu sambil menunggu panggilan, siapkan semua dokumen, jangan lupa print dulu email konfirmasi jadwal ke Vfs, kalau tidak kita tak boleh masuk. Datang 15 menit sebelum jadwal, pakai pakaian sopan, matikan hp. Tas dititipkan. Kita akan diberi nomer tunggu. Saat dipanggil serahkan semua syarat dokumen untuk diperiksa kelengkapan dan dicocokkan dengan aslinya oleh petugas. Beberapa pertanyaan akan diajukan, mau ke mana saja, di sana mau ngapain bla,..bla..bla… Itinerary yang jelas dan menyakinkan membuat semakin pendek pertanyaan, Ok?

8.Visa turis biasanya diberikan sesuai tanggal yang tertera di formulir yang kita serahkan atau jika beruntung dapat 3 -6 bulan jadi lebih luwes waktunya. Kalau visa tinggal bisa sampai 1 tahun, tapi butuh surat nikah buat yang sudah menikah dengan orang sono atau surat kerja dari yang meng-hire.

9.Bayar biaya visa (Belanda sekitar 60 Euro = 850 ribu) dan biaya jasa Vfs sekitar 350 ribuan, total IDR 1.200.000 dibayar tunai! Macam akad nikah saja :). Setelah dapat bukti kuitansi kitayang nanti ditukar saat ambil visa. Mundur lagi ke kursi, tunggu dipanggil giliran rekam biometric, harusnya sih rekam sidik jari dan retina, tapi kemarin cuma sidik jari saja, paling 5 menit. Tapi semua proses dari datang hingga pulang sekitar 30 menit-1 jam tergantung banyak sedikitnya pengunjung yang hadir saat itu. Jika sudah selesai, kita bisa pulang dan akan dihubungi via telpon saat visa sudah jadi.

10.Dua minggu kemudian dapat telepon kalau visa sudah bisa diambil. Deg-degan dong…diterima ga ya? Masuk lagi ke Vfs, ambil nomer nunggu giliran dipanggil. Petugas tersenyum manis mungkin lihat muka nervous… menyerahkan amplop coklat tebal berisi duit eh..paspor. Saya buka pasport…deg..deg..deg…ada visanya! 3 bulan lagi, asiik. Di visa ditempeli kertas kecil di situ,berisi informasi penting do and donts selama di Eropa. Termasuk keterangan harus sudah balik ke negara asal 3 hari sebelum tanggal visa expired.

Kalau ketahuan ke Eropa buat kerja… visa turis bisa ditarik, kita dideportasi dan diblacklist masuk Uni Eropa selama 3 tahun! Kalau sdh habis masa tinggal tapi tak balik juga ke Indonesia lalu ketahuan, kita diblack list 2 tahun tak boleh ke Uni Eropa. Jika kita tak bisa pulang karena tak punya tiket atau entah faktor apa, maka maskapai penerbangan yang kita jadikan bukti booking tiketlah yang harus membawa balik kita ke tanah air. Makanya jarang ada maskapai yang mau memberi dummy tiket. Oh ya, jika anda mendapat visa turis dengan masa tinggal 6 bulan, maka total anda boleh tinggal hanya 3 bulan. Jika apply untuk multiple countries, tetap harus dijumlahkan semua masa tinggal di negara-negara tersebut,tak boleh lebih dari 3 bulan (90 hari). Harus melakukan update lagi.

photo by shita R
photo by shita R

.

Pastikan semua syarat yang diminta sudah lengkap. Jika syaratnya kurang, petugas akan minta melengkapi. Jika tak bisa ya direject! Kalau direject, uang yang sudah disetorkan untuk bayar visa tak bisa diminta lagi. Ah ya,…print semua booking tiket pesawat, hotel, jenis transportasi yang anda pesan, termasuk tiket masuk tempat hiburan yang sudah dibook. Bawalah uang cash yang cukup saat masuk Eropa, terkadang ada periksa random. Jika uang anda minim bisa ditolak masuk loh. Dan buat jaga-jaga, karena tak semua ATM atau kartu kredit Indonesia bisa tarik tunai di Eropa meski sudah berlogo Visa Atau Master Card.

Sudah jelas ya,… selamat liburaaan…!

Baca juga yang ini....

14 Comments

  1. Cakeep… tandain dulu. Semoga bisa segera aplikasikan tips-nya mbak Shita untuk aplikasi visa Schengen buat jalan0jalan ke Eropa (ngarep banget ini…)

  2. Buat foto visa, bisa ke Fuji Film yang di Mall Ambasador lantai dasar sebelah All Fresh. Mas nya udah hafal persyaratan visa kayanya. Tinggal bilang buat negara mana

  3. Taraaaa, aku mau nanya tentang travel insurance, berapa besar premi travel insurance utk 1 minggu mbak? Trus apa nama perusahaan asuransi yang di depan vfs itu? Siapa tahu aku ambil travel insurance yg di depan vfs itu aja. Share ya mbak 🙂

  4. Mau nanyak ni. Kalau buat visa belanda kan lebih ganpang. Bagaimana kalau kita buat visa di kedutaan belanda. Tapi kitanya lebih lama di jerman?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *